20 March 2017

kamera untuk traveling

camera digital DSC-W130

Mengabadikan perjalanan wisata, traveling atau backpacker menjadi hal yang lumrah, apalagi keberadaan media sosial, menjadikan tren upload foto hukumnya wajib bagi para traveller. beberapa kali backpacker menggunakan beberapa kamera menjadikan pelajaran yang berharga mengenai kekurangan dan kelebihan macam-macam kamera untuk kebutuhan traveling. cekidot :

kamera HP
Praktis, pas di genggaman, beberap HP telah di lengkapi fitur kamera yang mumpuni. selain itu, HP jaman sekarang sudah dilengkpai kamera depan dan belakang, yang mempermudah untuk mengambil gambar, tetapi bila kita menggunakannya sebagai petunjuk jalan juga (GPS), browsing dan seabreg aplikasi yang berjalan, (android khususnya) tentunya baterainya akan terkuras dengan cepat, sehingga mau tidak mau harus menyiapkan juga power bank agar HP tetap on. Jadi bila kamera HP menjadi kamera utama dalam traveling pastikan baterai nya awet agar aktifitas berfoto anda tetap nyaman tanpa kuatir baterai habis.


kamera pocket ( kamera saku, kamera digital, camdig)
Berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu hanya mengambil gambar, sewaktu-waktu dibutuhkan tinggal hidupkan dan jepret. Kekurangannya terbatas pada fitur-fitur yang terbatas bila dibandingkan dengan DSLR, jadi bila tidak meusingkan masalah teknis pengambilan gambar, kamera pocket bisa menjadi andalan untuk mengabadikan momen traveling anda. keuatan baterai nya tergantung merk, type dan kegiatan foto yang anda lakukan, rajin-rajinlah browsing review mengenai ketahanan baterai kamera yang akan anda beli.

Action camera
bahkan action cam sangat cocok untuk selfie.
Lokasi : Ghibli Museum Tokyo Jepang

Action camera ( kita sebut action cam) yang beredar dipasaran, rata-rata mempunyai ukuran yang kecil, sehingga praktis dan hemat tempat, kualitas video dan gambarnya sangat bagus, HD bahkan ada yang bisa 4K. Biasanya di jual dengan case anti air gar dapat digunakan di dalam air. Housing-nya juga macam-macam, sehingga bisa dipasang di tripod, monopod, tongsis di kendaraan dan tempat-tempat lain.
karena dimensinya yang kecil, action cam mempunyai baterai yang kecil juga, sehingga ketahanan baterai-nya juga harus di perhitungkan. pengalaman saya menggunakan gopro hero 3, baterai nya bertahan akumulasi 3jam untuk aktifitas foto dan video.
Dipasaran action camera ada bermacam-macam, GoPro, B-Pro, Yi cam dari xiaomi, Brica, bahkan pabrikan Sony-pun mempunyai produk action camera.
Mana yang terbaik, silahkan cari review-review yang banyak terdapat di internet. sesuaikan dengan budget anda.
contoh video action cam GoPro


DSLR
beberapa gear pas backpack ke Jepang.
lokasi : Momofuku Ando Instant Ramen Museum
Alasan terbaik menggunakan DSLR adalah ketahanan baterai-nya. Pengalaman saya pertama kali backpacking dengan durasi 13hari, saat hp, camdig, action cam semua kehabisan baterai karena 2hari belum ketemu power source, DSLR adalah satu-satunya kamera yang dapat di andalkan untuk mengambil gambar. bila anda pegiat fotografi, DLSR juga menyediakan pengaturan manual untuk kecepatan rana, pengaturan cahaya dan lain-lain, sehingga sangat cocok untuk segala kondisi pencahayaan. tapi DSLR mempunyai bentuk yang besar dan tidak praktis, sehingga pertimbangkan kebutuhan memotret anda jika tidak ingin ribet membawa DSLR. apalagi jika anda backpacker-an dan membawa bawaan banyak dan jarang menginap di hotel/hostel.

Kamera Mirorless
Mirorless adalah versi praktis dari DSLR, dengan teknis yang hampir sama dengan DSLR, mampu menghasilkan gambar setingkat menggunakan DSLR. pengaturan teknispun hampir sama dengan DSLR. yang membedakan adalah kamera mirrorles mempunyai body yang lebih ramping jika dibandingkan dengan DSLR.
beberapa kamera mirorrles juga dilengkapi dengan fitur pengolah efek gambar di dalam kamera.

beberapa hal yang bisa kita simpulkan adalah :
- bawalah kamera sesuai kebutuhan traveling anda, jika ribet bawalah kamera yang menurut anda paling praktis.
- perhitungkan ketahanan baterai kamera dan dimana anda bisa mengisi baterai kamera.
- jika kamera anda bisa diisi dengan power bank, persiapkan powerbank jangan sampai kehabisan isinya. camdig dan action cam keluaran terbaru biasanya bisa diisi dengan powerbank, tapi harus diingat, perhatikan tegangan dan arus powerbank cocok atau tidak dengan kamera anda.

No comments: