07 April 2017

Museum Ghibli

Saya khususkan tulisan kali ini tentang Museum Ghibli, pada hari ke-enam backpacker kami ke Jepang, atau hari ketiga/terakhir di tokyo, karena malamnya kami akan bertolak ke Hiroshima. museum ini masuk ke Ittenary kami, istri saya yang bikin, saya tinggal ikut :p.

sampai di museum ghibli, kita disambut Totoro

sebenarnya saya ndak tau sama sekali tentang Ghibli, sampe di museumnya, saya baru ngeh dengan film2 produksinya  pas liat boneka Totoro segede gaban dan patung Robot Solider yang keliatan dari luar museum, karena pernah nonton filmnya, tapi tidak memperhatikan buatannya siapa. Sengaja saya tulis khusus tentang Museum ini karena museum ini sangat menarik, unik dengan arsitektur bangunan yang sangat nyentrik.
selfie dulu di depan Museum
Museum Ghibli terletak di Mitaka, tidak jauh dari tokyo. kami Naik kereta dari stasiun Shinjuku karena sebelumnya kami berkunjung ke Tokyo Metropolitan Government Building. Sampai di stasiun Mitaka beli tiket bis yang memang khusus untuk ke Ghibli Museum, jadwalnya bisa dilihat disini. sampai di Museum kami harus menunggu sampai jadwal yang tertera di tiket kami. Jadwal?? ya, museum ini ada jam masuknya, buka jam 8 sampai 6 sore, anda diharuskan memilih pada jam berapa anda akan masuk museum. O iya... ada cerita menarik tentang perjuangan kami mendapatkan tiket masuk museum Ghibli, nantikan ceritanya.
bis khusus museum ghibli dari stasiun

bis khusus museum ghibli dari stasiun

sambil nunggu jam masuk, saya dan istri nongkrong di Inokashira Park, yang terdapat persis di  samping museum.

Bila anda adalah penggemar berat film-film Ghibli akan familier dengan bangunan dan ornamen museum yang keliatan dari luar, yap.. begitu turun dari bis anda akan serasa di film-film buatan Ghibli, dihalamannya juga ada karakter Totoro yang dipasang di sebuah ruang loket. ciri2 Bangunan lainnya juga tidak jauh2 dari film2 ghibli.
Penampakan Museum dari luar.

Sayangnya begitu berada di dalam museum kita ndak boleh foto-foto, situasi didalam museum bisa anda lihat di sini 


di Museum ada pemutaran film animasi yang HANYA di putar di museum. memakai proyektor klasik yang guede banget. fimnya ganti2. giliran kita dapetnya Koro’s Big Day Out. Menurut saya pribadi, film-film karya ghibli adalah masterpiece, setiap film digarap dengan sangat detil dan teliti. termasuk yang saya liat di museum.

puas muter-muter di dalem , dioutdoor baru diperbolehkan foto2, ada robot solider dengan ukuran asli merupakan spot wajib untuk berfoto. ada juga sebuah kubus semacam prasasti dari film laputa: Castle in the sky, yang terletak di lantai paling atas.

spot foto paling ngehits di Museum Ghibli, sampai harus antri.

Sayangnya saya dan istri tidak ke kafenya, karena antri masuk waitinglist puanjang banget.. eh... karena ngirit.

No comments: